Kamis, 05 Juni 2014

Testing dan Implementasi Sistem


Testing dan Implementasi Sistem

SWDLC (Software Development Life Cycle)
   Merupakan siklus  yang dipakai  dalam pengembangan sistem yang terdiri dari : system spesification,requirement analisis , architektural design,detailed detaill, coding dan debugging, unit testing, system testing, dan maintenance.

Tahapan perancangan perangkat lunak SWDLC :
  • ·        Rancangan (design) Terdiri dari : bagan terstuktur , Bahasa Inggris terstuktur, tabel keputudsan, kamus data,persamaan, diagram jackson dan diagram warnier oor
  • ·         Kode (code) Adalah menulis statment dalam bahasa pemrograman
  • ·         Uji (Test)Pengujian terhadap semua modul kode untuk mendeteksi kesalahan
 Keuntungan pemakaian perangkat Lunak Komersial
          Implementasi yang cepat : yaitu bersifat siap,teruji dan terdokumentasi
·         Penghematan biaya : karena dapat dijual ke banyak organisasi maka biaya pengembangan di tanggung oleh banyak pemakai
·         Estimasi biaya dan waktu : biaya atau harga paket komersial telah diketahui dan tanggal pengimplementasian mudah diestimasi
·         Reabilitas : sebelum diterbitkan perangkat lunak ini pasti telah diuji secara teliti.

Kerugian pemakaian perangkat lunak komersial
·         Kesesuaian rancangan sistem yang tidak baik
·         Ketergantungan vendor
·         Biaya tidak langsung dari kerusakan SDLC
Pendekatan rancangan perangkat Lunak
Pendekatan rancangan perangkat Lunak terbagi menjadi 2 yaitu pendekatan perangkat lunak Terstruktur dan pendekatan perangkat lunak Berorientasi Objek.
·            Rancangan Perangkat Lunak Terstruktur
Alat perangkat lunak tersruktur : kamus data, DFD, STD, ERD dan model data logic.
Karakteristik perangkat lunak Terstruktur :
·                Menerapkan konsepsi kendali standar untuk urutan
·                Menggunakan Logika Call base atau Perform base
·                Modul disusun Hirarkis
Rancangan Perangkat Lunak Berorientasi Objek
Adalah strategi perancangan perangkat dimana perancangan sistem memikirkan benda bukan opesari atau fungsi.
Objek : memberi identitas kepada orang atau benda
                Merepresentasikan entitas dari aplikasi yang dirancang
Kelas : dibuat menurut definisi kelas objekyang berfungsi sebagai template untuk membuat objek.

Dokumentasi Perangkat Lunak
Terdiri dari : dokumentasi internal, dokumentasi eksternal, dokumentasi operasi dan dokumentasi pemakai.

Referensi :
http://simpancode.blogspot.com/2013/07/pengembangan-rekayasa-perangkat-lunak.html?m=1





Tidak ada komentar:

Posting Komentar