Testing dan Implementasi
Sistem
SWDLC (Software Development Life Cycle)
Merupakan siklus yang dipakai
dalam pengembangan sistem yang terdiri dari : system spesification,requirement
analisis , architektural design,detailed detaill, coding dan debugging, unit
testing, system testing, dan maintenance.
Tahapan perancangan perangkat lunak SWDLC :
- · Rancangan (design) Terdiri dari : bagan terstuktur , Bahasa Inggris terstuktur, tabel keputudsan, kamus data,persamaan, diagram jackson dan diagram warnier oor
- · Kode (code) Adalah menulis statment dalam bahasa pemrograman
- · Uji (Test)Pengujian terhadap semua modul kode untuk mendeteksi kesalahan
Implementasi yang cepat : yaitu bersifat
siap,teruji dan terdokumentasi
·
Penghematan biaya : karena dapat dijual ke
banyak organisasi maka biaya pengembangan di tanggung oleh banyak pemakai
·
Estimasi biaya dan waktu : biaya atau harga
paket komersial telah diketahui dan tanggal pengimplementasian mudah diestimasi
·
Reabilitas : sebelum diterbitkan perangkat lunak
ini pasti telah diuji secara teliti.
Kerugian pemakaian perangkat lunak komersial
·
Kesesuaian rancangan sistem yang tidak baik
·
Ketergantungan vendor
·
Biaya tidak langsung dari kerusakan SDLC
Pendekatan rancangan perangkat Lunak
Pendekatan rancangan perangkat
Lunak terbagi menjadi 2 yaitu pendekatan perangkat lunak Terstruktur dan
pendekatan perangkat lunak Berorientasi Objek.
·
Rancangan Perangkat Lunak Terstruktur
Alat perangkat
lunak tersruktur : kamus data, DFD, STD, ERD dan model data logic.
Karakteristik perangkat
lunak Terstruktur :
·
Menerapkan konsepsi kendali standar untuk urutan
·
Menggunakan Logika Call base atau Perform base
·
Modul disusun Hirarkis
Rancangan Perangkat Lunak Berorientasi Objek
Rancangan Perangkat Lunak Berorientasi Objek
Adalah strategi
perancangan perangkat dimana perancangan sistem memikirkan benda bukan opesari
atau fungsi.
Objek : memberi
identitas kepada orang atau benda
Merepresentasikan entitas dari
aplikasi yang dirancang
Kelas : dibuat
menurut definisi kelas objekyang berfungsi sebagai template untuk membuat
objek.
Dokumentasi Perangkat Lunak
Terdiri dari : dokumentasi
internal, dokumentasi eksternal, dokumentasi operasi dan dokumentasi pemakai.
Referensi :
http://simpancode.blogspot.com/2013/07/pengembangan-rekayasa-perangkat-lunak.html?m=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar