Selasa, 14 Desember 2010

Pertentengan Sosial dan Integrasi Masyarakat

Pertentengan Sosial dan Integrasi Masyarakat

Perbedaan kepentingan
Perbedaan kepentingan adalah dasar dari timbulnya tingkah laku individu. Individu bertingkah laku karena adanya dorongan untuk memenuhi kepentingannya, sama halnya dengan konflik.
Prasangka Diskriminasi dan Ethosentris
Diskriminasi adalah suatu kejadian yang biasa dijumpai dalam masyarakat, ini disebabkan oleh kecendrungan manusia untuk membeda bedakan yang lain. Dimana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu tersebut.
Diskriminasi tak langsung
Terjadi saat peraturan yang bersifat netral menjadi diskriminati saat diterapkan dilapangan.
Diskriminasi Langsung
Terjadi saat hukum, peraturan, atau kebijakan jelas menyebutkan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dsb.
Diskriminasi di tempat kerja
Berarti mencegah seseorang memenuhi aspirasi professional dan pribadinya tanpa  mengindahkan prestasi yang dimilikinya.
Ethosentris merupakan  sikap yang cenderung memandang rendah orang-orang yang dianggap asing, etnosentrisme memandang dan mengukur budaya asing dengan budayanya sendiri. “ ( The Random House Dictionary ).


Golongan golongan yang Berbeda dan Integrasi Sosial
Integrasi sosial akan terbentuk apabila sebagian besar masyarakat memiliki kesepakatan tentang batas batas territorial nilai nilai norma norma, dan pranata social.
Integrasi social adalah jika yang dikendalikan disatukan, atau dikaitkan  satu sama lain itu adalah unsur unsur sosial atau kemasyarakatan.
Integrasi social Diperlukan agar masyarakat tidak bubar meskipun menghadapi berbagai tantangan berupa fisik atau masalah yang terjadi secara social budaya
Integrasi Nasional
secara umum mencerminkan proses  persatuan orang orang dari berbagai wilayah yang berbeda,atau memiliki berbagai perbedaan baik etnisitis, social budaya atau latar belakang ekonomi menjadi satu  bangsa terutama karena pengalaman sejarah dan politik yang relatif sama.
Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar