Senin, 13 Desember 2010

pemuda dan sosialisasi

Pemuda dan Sosialisasi
Pemuda
 adalah suatu generasi yang akan melanjutkan perjuangan generasi sebelumnya,generasi yang harus mengisi dan melangsungkan estafet pembangunan secara terus menerus.
Generasi ini memiliki permasalahan permasalahan  yang sangat bervariasi, dimana jika permasalahan ini tidak dapat diatasi,maka pemuda akan kehilangan fungsinya sebagai penerus bangsa .Pemuda memiliki potensi yang melekat pada dirinya dan sangt penting artinya sebagai sumber daya manusia oleh karena itu , beberapa potensi pemuda ini harus digarap.

Sosialisasi
adalah sebuah nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau individu. Dalam prores sosialisasi generasi muda ,yaitu proses yang sangat menentukan kemampuan pemuda untuk menyelaraskan diri di tengah tengah kehidupan masyarakat. Seorang pemuda harus mampu menyeleksi berbagai kemungkinan yang ada sehingga mampu mengaendalikan diri dalam hidupnya ditengah tengah masyarakat , dengan masih memiliki motivasi social yang tinggi.
Maksud dari pola pembinaan dan pengembangan generasi muda adalah agar semua pihak yang turut serta dan berkepentingan dalam penanganannya benar benar menggunakan sebagai pedoman sehingga pelaksanaannya dapat terarah menyeluruh dan terpadu serta dapat mencapai sasaran dan tujuan yang dimaksud  .
Tanpa ikut sertanya generasi muda dalam pembangunan, sulit berhasil. Bukan Karena pemuda merupakan lapisan masyarakat yang cukup besar,tetapi tanpa kreatifitas generasi muda maka pembangunan dalam jangka panjang akan kehilangan kesinambungan.
Masalah-masalah generasi muda
Menurunnya rasa patriotisme nasionalisme dikalangan masyarakat termasuk ganarasi muda
Kekurangpastian yang dialami oleh generasi muda pada masa depannya
Belum seimbangnya antara jumlah ganerasi muda dengan fasilitas pendidikan yang bersedia,baik yang formal maupun nonformal.Tingginya jumlah putus sekolah yang diakui bahkan oleh berbagai sebab yang bukan hanya merupakan generasi muda sendir,tetapi juga merugikan seluruh bangsa.
Pergaulan bebas yang akan membahayakan sani-sandi perkawinan dan kehidupan keluarga.
meninggkatnya kenakalan ramaja terutama pada pemakaian obat terlarang atau narkoba.
Kurang gizi yang dapat mengakibatkan hambatan bagi  perkembangan kecerdasan dan pertumbuhan badan dikalangan generasi muda.
Tujuan pokok sosialisasi
Individu mampu berkomunikasi secara efektif dan mengembangkan
Pengendalian fungsi-fungsi organik yang yang dipelajari melalui pelatihan-pelatihan m
Bertingkah laku selarat dengan norma atau tata nilai dan kepercayaan pokok yang ada
Pada lembaga masyarakat atau kelompok khususnya masyarakat umum.
Potensi generasi muda
·         Adanya idealisme dan Daya kritis yang perlu senantiasa dilengkapi dengan landasan rasa tanggung jawab yang seimbang
·         Dinamika dan kreatifitas Yaitu kemampuan kesedian untuk mengadakan perubahan ,perubahan dan penyempurnaan kekurangan –kekurangan yang ada atau mengemukakan gagasan yang baru
·         Keberanian mengabil Resiko
·         Optimis dan semangat tinggi
·         Sikap kemadurian dan disiplin
·         Terdidik
·         Keaneka ragaman dalam persatuan dan kesatuan
·         Sikap kesatria
·         Patriotisme dan nasionalisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar