Selasa, 14 Desember 2010

Agama dan Masyarakat

Agama dan Masyarakat
Fungsi agama
1.    Fungsi agama integrative
Peranan social agama sebagai factor integrative bagi masyarakat berarti peran agama dalam menetapkan suatu ikatan suatu ikatan bersama, baik diantara anggota anggota beberapa masyarakat maupun dalam kewajiban kewajiban  social yang membantu mereka. Hal ini dikarenakan nilai yang mendasari system system kewajiban social didukung bersama oleh keagamaan  sehingga agama menjamin adanya consensus dalam masyarakat.

2.    Fungsi agama Desintegratif
Meskipun agama memiliki peran sebagai kekuatan mempersatukan, mengikat dan memelihara eksistensi masyarakat, pada saat yang sama agama juga dapat memainkan peranan sebagai kekuatan yang mencerai beraikan, menghancurkan eksistensi masyarakat . hal ini merupakan konsekuensi dari begitu kuatnya agama dalam mengikat kelompok pemeluknya sendiri sehingga seringkali mengabaikan bahkan menyalahkan eksistensi pemeluk agama lain.

3.    Fungsi Ganda
Agama sebagaimana yang tergambar diatas setidaknya telah menunjukan kepada kita bahwa fenomena keagamaan  yang terjadi di masyarakat  merupakan sebuah fenomena yang begitu dinamis, tidak hanya mencakup wilayah teologis, akan tetapi selalu melibatkan faktor faktor lain seperti politik, ekonomi, social, dan budaya. Oleh karena itu disiplin ilmu  sosiologi memiliki peluang yang cukup besar untuk menjadi perspektif utama dalam melihat fenomena keberagamaan secara ilmiah.

Agama memiliki dimensi komitmen yaitu :
·         Transcendental (ukhrowi) menyangkut hubungan manusia dengan tuhannya.
·         Mondial ( duniawi ) menyangkut hubungan antara manusia dengan manusia lain dan lingkungannya
Pelembagaan Agama
Menurut Elizabeth k. Mottingham,1954
·         Masyarakat yang terbelakang dan nilai sacral masyarakat tipe ini kecil,terisolasi dan terbelakang.anggota masyarakat menganut agama yang sama. Oleh karena itu keanggotaan mereka dalam masyarakat, dalam kelompok keagamaan sama.
·         Masyarakat masyarakat pra industry yang sedang berkembang keadaan masyarakat tidak terisolasi,ada perkembangan teknologi yang lebih tinggi daripada tipe pertama. Agama memberikan arti dan ikatan kepada system nilai dalam tipe masyarakat ini. Dan fase kehidupan social diisi dengan upacara upacara tertentu.
·         Masyarakat industri secular masyarakat industri bercirikan dnamika dan teknologi semakin berpengaruh terhadap semua aspek kehidupa, sebagian besar penyesuaian penyesuaian terhadap alam fisik,tetapi yang pentinng adalah penyesuaian penyesuaian dalam hubungan kemanusiaan sendiri.
Pelembagaan agama adalah apa dan mengapa agama ada, unsure unsure dan bentuknya serta fungsi struktur agama. Dimensi ini mengindentifikasi pengaruh pengaruh kepercayaan didalam kehidupan sehari hari.



Referensi :
Rindaharfikalobis.blogspot.com/2010
Ilmucomputer2blogspot.com/2009/10
Puputo.blogspot.com/2009/06/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar