Sabtu, 27 Oktober 2012

Paragraf



Paragraf
Sebuah paragraf (dari bahasa Yunani paragraphos, "menulis di samping" atau "tertulis di samping")  adalah suatu jenis tulisan yang memiliki tujuan atau ide. Awal paragraf ditandai dengan masuknya ke baris baru. Terkadang baris pertama dimasukkan; kadang-kadang dimasukkan tanpa memulai baris baru.
Paragraph adalah Unit terkecil sebuah karangan yang terdiri dari kalimat pokok atau gagasan utama dan kalimat penjelas atau gagasan penjelas. Paragraf yang baik minimal terdiri dari dua kalimat atau dua gagasan.

Syarat Pembentukan Paragraf

1. Kohesi kesatuan :

a. kalimat utama
b. kalimat penjelas

2. koherensi

a. repetisi kepaduan paragraf dan kata kunci
b. kata ganti menghindari monotoni/ bervariasi
c. kata transisi penyambung antarkalimat

3. Menggunakan metode pengembangan paragraph tertentu.

Unsur - unsur  Dalam Paragraf

merupakan bagian karangan yang terdiri atas beberapa kalimat yang berkaitan secara utuh dan padu serta membentuk satu kesatuan pikiran.Terdapat tiga persyaratan agar paragraf menjadi padu, yaitu kepaduan, kesatuan, dan kelengkapan. Apabila sebuah paragraf itu bukan paragraf deskriptif atau naratif, secara lahiriah unsur paragraf itu berupa :
1.    Gagasan pokok ( Gagasan Utama )
merupakan jiwa dari karangan yang berisi ide dasar masalah yang akan dibicarakan di dalam paragraf. Gagasan pokok biasanya dituangkan di dalam kalimat topik. Sebuah paragraf harus memiliki gagasan pokok. Jika sebuah paragraf tidak memiliki kalimat topik maka tidak jelas sesuatu atau maksud yang diungkapkan oleh penulis.
2. Kalimat utama
atau kalimat topik adalah kalimat tempat menuangkan pokok pikiran atau gagasan utama.
3. Kalimat pendukung
adalah kalimat yang berisi bahasan yang berhubungan dengan kalimat utama.
Macam – macam Paragraf
Paragraf  Berdasarkan  Letak Kalimat Utamanya :

·         Paragraf deduktif
yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak pada awal paragraf.

·         Paragraf induktif
yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak pada akhir paragraf.

·         Paragraf deduktif-induktif
yaitu paragraf yangkalimat utamanya terletak pada awal dan akhir paragraf.

·         Paragraf tersebar
yaitu paragraf yang kalimat utamanya atau gagasan utamanya tersebar pada keseluruhan paragraf.

Berdasarkan Isinya / Tujuan
  • Narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu kejadian atau peristiwa. Ciri-cirinya: ada kejadian, ada palaku, dan ada waktu kejadian.
  • Deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan itu. Objek yang dideskripsikan dapat berupa orang, benda, atau tempat.Ciri-cirinya: ada objek yang digambarkan.
  • Eksposisi adalah paragraf yang menginformasikan suatu teori, teknik, kiat, atau petunjuk sehingga orang yang membacanya akan bertambah wawasannya. Ciri-cirinya: ada informasi.
  • Argumentasi adalah paragraf yang mengemukakan suatu pendapat beserta alasannya. Ciri-cirinya: ada pendapat dan ada alasannya.
  • Persuasi adalah paragraf yang mengajak, membujuk, atau mempengaruhi pembaca agar melakukan sesuatu. Ciri-cirinya: ada bujukan atau ajakan untuk berbuat sesuatu.


Referensi :
file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND.../Paragrafx.pdf
anc4.files.wordpress.com/2009/07/pembentukan-paragraf.docx


Tidak ada komentar:

Posting Komentar