Jumat, 05 Juli 2013

Tugas bahasa indonesia 2 Review Jurnal

tugas pertama bahasa indonesia 2 "Review Jurnal"

judul jurnal : Persepsi Bunyi Choo’on Dalam Kosakata Terhadap Mahasiswa Tingkat IV Program Studi
Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Riau Tahun Ajaran 2011/2012

Latar Belakang Penelitian

Bahasa Jepang secara fonologi memiliki kekhasan bunyi tersendiri yang beragam, silabel bahasa Jepang sangat berbeda dengan silabel bahasa Indonesia, karena sebagian besar silabel bahasa jepang merupakan silabel terbuka yang selalu diakhiri dengan vocal. Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul
Persepsi Bunyi Choo’on Dalam Kosakata Terhadap Kemampuan Mahasiswa
Tingkat IV Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Riau Tahun Ajaran
2011/2012”.

Tujuan Penelitian

Mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Jepang tingkat IV Universitas Riau tahun ajaran 2011 / 2012 dalam mempersepsikan bunyi choo’on.
Mengetahui bagaimana mengetahui hubungan kemampuan mempersepsi bunyi choo’on dengan arti kosakatayang sudah dikenal.

Target Penelitian

Penulis mengambil responden dari mahasiswa tingkat IV

Metodologi Penelitiaian

Pengumpulan data : dimana penulis mengumpulkan data Choo’on dalam buku Minna no Nihongo I, Minna No Nihongo II dan Kana Nyumon.
Software  : Software yang digunakan untuk membantu menyelesaikan penelitian adalah  praat. Alat ini dapat secara mudah melakukan pengukuran intensitas, durasi, dan frekuensi suara. 
Tahap digitalisasi : data yang sudah dikmpulkan, akan dibaca oleh native speker dan direkam oleh hanpone dan dilakukan perekaman ulang dengan program praat.

Hasil Penelitian

Pada setiap tes bunyi choon yang dilakukan pada mahasiswa mendapatkan hasil yang baik. pada tes Bunyi Choo’on yang terletak di awal kata, 95% mahasiswa benar menjawab. Bunyi Choo’on yang terletak di tengah kata, 90% mahasiswa benar menjawab. Bunyi Choo’on yang terletak di akhir kata,
Bunyi choon yang terletak diawal dan tengah kata, dan bunyi choon yang terletak di akhir kata. Masing masing 86% mahasiswa menjawab benar.

Kesimpulan

Kesimpulan yang diperoleh pada tes mempersepsikan bunyi choo’on ini, sebagian besar mahasiswa dapat menjawab dengan benar, membuktikan bahwa mahasiswa sudah mengetahui dengan benar bunyi choon.

Referensi Jurnal :
Persepsi Bunyi Choo’on Dalam Kosakata Terhadap Mahasiswa Tingkat IV Program Studi
Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Riau Tahun Ajaran 2011/2012
Oleh: Rahayu Tri Sukma1
Anggota :     1. Arza Aibonotika2
                2. Nana Rahayu3
Email: rahayutrisukma@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar