Jumat, 05 Juli 2013

bahasa indonesia2 tugas ke 2

Cari data melalui majalah dan surat kabar masing-masing sebanyak 5 kalimat. Pilih kalimat yang tidak memperhatikan unsure kesejajaran bentuk kata dalam sebuah kalimat! Ubahlah kalimat tersebut sehingga menjadi kalimat efektif dengan memperhatikan kesejajaran bentuk kata-katanya.

Hari Rabu, 21 Okt 2010 lalu, Penerbit M&C! menggelar acara peluncuran komik Hai, Miko! Vol.22 bertempat di Manhattan Fish Market Restaurant, Grand Indonesia. (I’Vent. 2011. ‘The Year of Love & Heroes’)

Seharusnya : Hari Rabu, 21 Okt 2010 lalu, Penerbit M&C! meluncurkan komik Hai, Miko! Vol.22 di Manhattan Fish Market Restaurant, Grand Indonesia.
Di Mapolda Jabar, hingga Kamis (25/4) dini hari, tim jaksa eksekutor berupaya tetap mengeksekusi Susno, tetapi upaya tersebut tetap gagal. (Warta Kota. Jumat, 26 April 2013. “Eksekusi Susno Dijadwal Ulang”)

Seharusnya : Di Mapolda Jabar, hingga Kamis (25/4) dini hari, tim jaksa eksekutor mengupayakan tetap mengeksekusi Susno, tetapi upaya tersebut tetap gagal.
Tepat sebelum Super Junior melakukan debutnya, Sungmin tampil sebentar di drama MBC Sisters of the Sea dengan bermain sebagai Kang Dongshin muda. (My Idol plus. “Sungmin”. Hal.50)

Seharusnya : Tepat sebelum Super Junior melakukan debut, Sungmin tampil sebentar di drama MBC Sisters of the Sea memainkan peran sebagai Kang Dongshin muda.
Ia dikenal seagai anggota Super Junior paling gemuk dan terkenal karena fisiknya yang gemuk. (My Idol plus. “Shindong”. Hal.55)

Seharusnya : Ia dikenal seagai anggota Super Junior paling gemuk karena fisiknya yang gemuk.
Kepergian Kang In tidak ada hubungannya dengan rating rendah itu karena memang kedua acara itu sudah berating rendah saat Kang In memandu kedua acara itu. (My Idol plus. “Kang In”. Hal.65)

Seharusnya : Kepergian Kang In tidak ada hubungannya dengan rating rendah itu karena kedua acara itu sudah memiliki rating yang rendah saat Kang In memandu kedua acara itu.
Tidak akan lama lagi, tepatnya tanggal 12 September 2013, Kabupaten Garut akan menggelar perhelatan akbar, Pemilihan Bupati. (Lampu Hijau. Senin, 29 April 2013. “Pilkada Garut”)

Seharusnya : Tidak lama lagi, pada tanggal 12 September 2013, Kabupaten Garut akan menggelar perhelatan akbar, Pemilihan Bupati.
Pada tahun 2008, saat FPJP diberikan, Halim menjabat sebagai Direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan (DPNP) BI yang merekomendasikan Bank Century dapat berdampak sistematik. (Warta Kota. Jumat, 26 April 2013. “KPK Periksa Pejabat BI di Amerika Serikat”)

Seharusnya : Pada tahun 2008, saat FPJP diberikan, Halim menjabat sebagai Direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan (DPNP) BI  merekomendasikan Bank Century dapat memiliki dampak sistematik.
Setelah masa perkawinan baru berlangsung empat hari, Aceng kemudian menceraikan Fany. (Warta Kota. Jumat, 26 April 2013. “Tersangka Aceng Fikri Mangkir dari Panggilan Polda Jawa Barat”)

Seharusnya : Setelah masa perkawinan baru berlangsung empat hari, kemudian perceraian Aceng – Fany terjadi.
Diluar program yang telah dilaksanakan oleh sekolah, selanjutnya komite bersama dengan perwakilan kelas IX pun berinisiatif turut membantu sekolah dalam melaksanakan kegiatan yang tujuannya membantu siswa dalam mempersiapkan Ujian Nasional. (Warta Kota. Jumat, 26 April 2013. “Penjelasa Komite Sekolah SMP Negeri 1 Jakarta”)

Seharusnya : Diluar program yang telah dilaksanakan oleh sekolah, selanjutnya komite bersama dengan perwakilan kelas IX memiliki inisiatif membantu sekolah dalam melaksanakan kegiatan yang tujuannya membantu siswa dalam mempersiapkan Ujian Nasional.
Didukung komite, perwalian, dan donator dari orang tua, pada tahun pelajaran 2012/2013 sekolah berencana mengadakan tasyakuran. (Warta Kota. Jumat, 26 April 2013. “Penjelasa Komite Sekolah SMP Negeri 1 Jakarta”)

Seharusnya : Didukung komite, perwalian, dan donator dari orang tua, pada tahun pelajaran 2012/2013 sekolah merencanakan untuk mengadakan tasyakuran.

Carilah masing-masing 3 kalimat yang mengutamakan bagian kalimat yang berupa keterangan tempat dan keterangan waktu. Tuliskan sumber kutipannya.

Saat Leeteuk dan kakak perempuannya, Park In Young, pergi berlibur ke Myeongdeong di awal 2000, ia direkomendasikan oleh seorang agen pencari bakat untuk ikut audisi Starlight Casting System. (Korean Pop. 2011. ‘History of Super Junior’ Vol.3. Hal.21)

Hari Rabu, 21 Okt 2010 lalu, Penerbit M&C! menggelar acara peluncuran komik Hai, Miko! Vol.22 bertempat di Manhattan Fish Market Restaurant, Grand Indonesia. (I’Vent. 2011. ‘The Year of Love & Heroes’)

Grup beranggotakan 7 orang, Super Junior – M memulai debut di China tanggal 18 April 2008 dalam acara Annual Music Chart. (Korean Pop. 2011. ‘History of Super Junior’ Vol.3. Hal.70)
Eksekusi yang dilakukan tim gabungan kejaksaan, Rabu(24/4) lalu di Bandung gagal. (Warta Kota. Jumat, 26 April 2013. “Eksekusi Susno Dijadwal Ulang”)

Dalam dialog yang bertajuk ‘Pelayanan Busway Transjakarta Terus Memburuk’ di sebuah rumahmakan di Jalan Subang, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (25/4), Rudy mengatakan, proses lelang yang buruk itu terlihat dalam proses lelang jalur bus Transjakarta Koridor IX, Koridor X dan Koridor XII. (Warta Kota. Jumat, 26 April 2013. “Proses Lelang Bus Transjakarta Buruk”)

Di Mapolda Jabar, hingga Kamis (25/4) dini hari, tim jaksa eksekutor berupaya tetap mengeksekusi Susno, tetapi upaya tersebut tetap gagal. (Warta Kota. Jumat, 26 April 2013. “Eksekusi Susno Dijadwal Ulang”)
Cari masing-masing 3 kalimat yang menunjukkan urutan peristiwa yang logis, dan 3 kalimat yang menunjukkan penegasan dengan cara mengulang kata yang dianggap penting. Tulis sumber kutipannya.

Kalimat urutan peristiwa logis :
Kaki kirinya patah di lima tempat, termasuk tulang paha, lutut, dan pergelangan kaki, sehingga ia harus di operasi selama enam jam. (Korean pop. ‘History of Super Junior’ vol.3. Hal.34)

Kunjungan Balsa tiba-tiba berubah menjadi perjuangan baru dalam hidupnya saat Yoguro mengirim pasukan untuk menangkap Balsa dan perintah untuk membunuhnya. (Editor’s Choice Moribito II : Guardian of the Darkness)
Pada tanggal 8 Agustus 2008, Yesung harus masuk rumah sakit lagi karena ia jatuh dari panggung setinggi 1,5 meter saat sedang berlatih untuk program music Music Bank di KBS. (Korean Pop. “History of Super Junior” Vol.3. Hal.58)

Ia menegaskan, kejaksaan tetap akan mengeksekusi Susno karena hal itu sesuai dengan perintah undang-undang. (Warta Kota. Jumat, 26 April 2013. “Eksekusi Susno DijadwalUlang ”)

Kalimat penegasan dengan mengulang kata yang dianggap penting :
Awal 2009, Shindong mengurangi lagi berat tubuhnya sebanyak 10 kg setelah Leeteuk menyebarkan pemberitahuan dalam Super Junior Kiss the Radio bahwa Shindong akan mengurangi lagi berat tubuhnya demi fans. (My Idol plus. “Shindong”. Hal.55)

Fokus Super Junior-M adalah menyanyikan lagu-lagu berbahasa Mandarin, termasuk versi Mandarinnya lagu Super Junior, dengan tujuan menyebarkan pengaruh K-pop kedalam industry music China. (My Idol plus. “Kyuhyun”. Hal.57)

Untuk Miracle, sebagian besar anggota menampilkan imej yang berjiwa muda serta menggemaskan dengan warna rambut yang lebih ringan dan gaya tarian yang menggemaskan. (My Idol plus. “Super Junior Imej”. Hal.75)

Kami tidak henti-hentinya menghimbau kepada para murid untuk tidak tawuran usai mengikuti ujian nasional. (Warta Kota. Jumat, 26 April 2013. “Teddi Tewas Setelah Ikut UN”)

Natifah yang sehari-hari bekerja sebagai tukang pecel dan gorengan di sekitar rusun itu, berharap agar pengelola bisa mempertibangkan ia bisa dimasukkan ke dalam tarif subsidi. (Warta Kota. Jumat, 26 April 2013. “Natifah Menyesalkan Pemutihan Rusun Marunda”)

Sri mengatakan, pada dasarnya pedagang mendeukung langkah PT.KAI yang akan menata stasiun-stasiun kereta. (Warta Kota. Jumat, 26 April 2013. “Pedagang Tak Sabar Temui Jokowi”)

Carilah 5 kalimat yang di dalamnya terdapat pengulangan subjek kalimat yang tidak diperlukan. Salin kalimat itu dan tuliskan sumbernya.

Tepat sebelum Super Junior melakukan debutnya, Sungmin tampil sebentar di drama MBC Sisters of the Sea dengan bermain sebagai Kang Dongshin muda. (My Idol plus. “Sungmin”. Hal.50).


Nama kelompok :
Ayu Rachminuryanni
Intan Pratiwi
Widya Cahyani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar